Desa Lainungan

Kec Watang Pulu, Kab Sidenreng Rappang
Prov. Sulawesi Selatan

Loading

Desa Lainungan

Perayaan

Malam Tahun Baru

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat Datang di Website Resmi Desa Lainungan Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidenreng Rappang. Kantor Desa Lainungan membuka pelayanan Publik setiap hari kerja Senin sd Jumat Pukul 08.00 - 16.00 WITA -- selengkapnya... Pemerintah Desa Lainungan

Berita Desa

alur informasi publik

Hak dan Kewajiban Pemohon Informasi

HAK PEMOHON INFORMASI PUBLIK

  1. Setiap orang berhak memperoleh Informasi Publik sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
  2. Setiap orang berhak :
    1. Melihat dan mengetahui Informasi Publik;
    2. Menghadiri pertemuan publik yang terbuka untuk umum untuk memperoleh Informasi Publik;
    3. Mendapatkan salinan Informasi Publik melalui permohonan sesuai dengan Undang-Undang KIP; dan/atau
    4. Menyebarluaskan Informasi Publik sesuai dengan peraturan perundangundangan.
  3. Setiap pemohon Informasi Publik berhak mengajukan permintaan Informasi Publik disertai alasan permintaan tersebut.
  4. Setiap pemohon Informasi Publik berhak mengajukan gugatan ke pengadilan apabila dalam memperoleh Informasi Publik mendapat hambatan atau kegagalan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang KIP.

KEWAJIBAN PENGGUNA INFORMASI PUBLIK

  1. Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.
  2. Pengguna Informasi Publik wajib mencantumkan sumber dari mana ia memperoleh Informasi Publik, baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.

—————————————————————————————————————————————————-

Pemohon Informasi Publik adalah warga negara dan/atau badan hukum Indonesia yang mengajukan permintaan informasi publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang

MEKANISME PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

  1. Pemohon informasi datang ke desk layanan informasi mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan foto copy KTP pemohon dan pengguna informasi, bagi lembaga publik/ormas dilengkapi foto copy akta pendirian, surat keterangan terdaftar di Bakesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan/setempat, surat keterangan domisili lembaga publik/ormas.
  2.    Maksud dan tujuan permintaan informasi harus jelas penggunaannnya
  3.   Petugas memberi tanda bukti penerimaan permintaan informasi publik.kepada pemohon informasi publik.
  4.  Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik.
  5. Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi.Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, PPID menyampaikan alasan sesuai dengan keterangan perundangan yang berlaku.
  6.     Petugas memberikan Tanda bukti Penyerahan informasi Publik kepada pengguna informasipublik
  7.    Membukukan dan mencatat

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

  1.   Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
  2. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh ) hari sejak diterima permintaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak. Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 ( tujuh) hari kerja.
  3. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon informasi publik dilakukan secara langsung, dengan menandatangani berita acara penerimaan informasi publik.
  4.   Jika permohonan informasi diterima, maka dalam surat pemberitahuan juga dicantumkan materi informasi yang diberikan, format informasi, apakah dalam bentuk softcopy atau data tertulis. Apabila dibutuhkan untuk keperluan penggandaan menjadi tanggung jawab atau beban pemohon informasi. Bila permintaan informasi ditolak, maka dalam surat pemberitahuan dicantumkan alasan penolakan berdasarkan UU KIP

—————————————————————————————————————————————————-

  1. Syarat dan Prosedur Pengajuan Keberatan
    1. Pengajuan keberatan dapat dilakukan oleh pemohon informasi publik dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja setelah diketemukannya alasan keberatan.
    2. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut:
      1. Adanya penolakan atas permohonan informasi;
      2. Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala;
      3. Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
      4. Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
      5. Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
      6. Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
      7. Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.
    3. Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.
  2. Registrasi
    1. Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan .
    2. Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
    3. Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan  dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambat lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.
  3. Tanggapan Atas Keberatan
    1. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.
    2. Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat :
      1. Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan;
      2. Nomor surat tanggapan atas keberatan;
      3. Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal;
      4. Perintah Atasan PPID kepada PPID untuk memberikan sebagian atau seluruh informasi Publik yang diminta dalam hal keberatan diterima;
      5. Jangka waktu pelaksanaan perintah memberikan sebagian atau seluruh informasi publik yang diminta dalam hal keberatan diterima.
    3. Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.

Kiriman Komentar

Beri Komentar

Layanan
Mandiri

Hubungi Lainungan untuk mendapatkan PIN

Lainungan

Kepala Desa

ANDI HARUNA, S.IP

Tidak Ada di Kantor

Sekretaris Desa

MUHAMMAD YUSUF, S.HI

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pemerintahan

RANO

Tidak Ada di Kantor

Kasi Kesejahteraan

EVI ARVINA

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pelayanan

Risma Saani

Tidak Ada di Kantor

Kaur Perencanaan

BUHARI, SE

Tidak Ada di Kantor

Kaur Keuangan

MEGAWATI

Tidak Ada di Kantor

Kaur Umum

NURLIAH

Tidak Ada di Kantor

Staf Perencanaan

SURIANTI

Tidak Ada di Kantor

Staf Keuangan

DEWI

Tidak Ada di Kantor

Kepala Dusun I Kulua

MUH. TAHIR

Tidak Ada di Kantor

Kepala Dusun II Makkadae

LASARI

Tidak Ada di Kantor

Kepala Dusun III Toddang Paberre

AGUSTANG

Tidak Ada di Kantor

Ketua BPD

NAWIR

Tidak Ada di Kantor

Wakil Ketua BPD

ABD. MAKMUR

Tidak Ada di Kantor

Sekretaris BPD

ISHAK

Tidak Ada di Kantor

Anggota BPD

ARIFIN

Tidak Ada di Kantor

Anggota BPD

MUHAMMAD YUSUF

Tidak Ada di Kantor

Anggota BPD

HENDRA

Tidak Ada di Kantor

Anggota BPD

SAWIAH

Tidak Ada di Kantor

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

0

Surat

Bulan Ini

0

Surat

Bulan Lalu

0

Surat

Tahun Ini

0

Surat

Tahun Lalu

153

Surat

Total

591

Surat

Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 16:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Agenda

Terdahulu

Rapat Lagi

Tgl : 05 Juni 2023 12:34:20
Tempat : Aula Desa
Koordinator :

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 05 Juni 2023 12:34:20
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :

Terdahulu

Rapat Sosialisasi Kelompok Tani

Tgl : 05 Juni 2023 12:34:20
Tempat : Aula Kantor Desa
Koordinator : Muhammad Yusuf, S.HI
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 16:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Agenda

Terdahulu

Rapat Lagi

Tgl : 05 Juni 2023 12:34:20
Tempat : Aula Desa
Koordinator :

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 05 Juni 2023 12:34:20
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :

Terdahulu

Rapat Sosialisasi Kelompok Tani

Tgl : 05 Juni 2023 12:34:20
Tempat : Aula Kantor Desa
Koordinator : Muhammad Yusuf, S.HI

Transparansi Anggaran

APBDesa 2024 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.660.765.696,00Rp. 2.230.698.907,00

74.45%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.696.856.341,00Rp. 2.574.761.970,00

65.9%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 788.126.126,00Rp. 738.126.126,00

106.77%

APBDesa 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 5.000.000,00

0%

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.009.926.000,00Rp. 1.009.926.000,00

100%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 569.781.905,00Rp. 1.001.502.000,00

56.89%

Lain-Lain Pendapatan Desa Yang Sah

Realisasi | Anggaran

Rp. 81.057.791,00Rp. 214.270.907,00

37.83%

APBDesa 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 748.928.141,00Rp. 1.153.901.947,00

64.9%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 650.369.400,00Rp. 848.052.023,00

76.69%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 81.668.800,00Rp. 137.272.800,00

59.49%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 83.890.000,00Rp. 277.135.200,00

30.27%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 132.000.000,00Rp. 158.400.000,00

83.33%
Lainungan

ANDI HARUNA, S.IP

Kepala Desa


Tidak Ada di Kantor

MUHAMMAD YUSUF, S.HI

Sekretaris Desa
Tidak Ada di Kantor

RANO

Kasi Pemerintahan
Tidak Ada di Kantor

EVI ARVINA

Kasi Kesejahteraan
Tidak Ada di Kantor

Risma Saani

Kasi Pelayanan
Tidak Ada di Kantor

BUHARI, SE

Kaur Perencanaan
Tidak Ada di Kantor

MEGAWATI

Kaur Keuangan
Tidak Ada di Kantor

NURLIAH

Kaur Umum
Tidak Ada di Kantor

SURIANTI

Staf Perencanaan
Tidak Ada di Kantor

DEWI

Staf Keuangan
Tidak Ada di Kantor

MUH. TAHIR

Kepala Dusun I Kulua
Tidak Ada di Kantor

LASARI

Kepala Dusun II Makkadae
Tidak Ada di Kantor

AGUSTANG

Kepala Dusun III Toddang Paberre
Tidak Ada di Kantor

NAWIR

Ketua BPD
Tidak Ada di Kantor

ABD. MAKMUR

Wakil Ketua BPD
Tidak Ada di Kantor

ISHAK

Sekretaris BPD
Tidak Ada di Kantor

ARIFIN

Anggota BPD
Tidak Ada di Kantor

MUHAMMAD YUSUF

Anggota BPD
Tidak Ada di Kantor

HENDRA

Anggota BPD
Tidak Ada di Kantor

SAWIAH

Anggota BPD
Tidak Ada di Kantor